Follow us

Rumput di Laut Tapi Bukan Rumput Laut ? Itulah Lamun (seagrass)



Lamun merupakan sejenis rumput yang ada di laut, lalu apa bedanya dengan rumput laut?

        Lamun (seagrass) adalah tumbuhan berbiji terutup (angiospermae) dan berkeping satu (monokotil) yang mampu beradaptasi penuh di laut, lamun membentuk hamparan yang dikenal dengan istilah padang lamun (seagrass bed). Tidak seperti lamun yang memiliki batang, daun, dan akar sejati, rumput laut (seaweed) merupakan alga di mana bagian tubuhnya tersusun dari bagian menyerupai akar (holdfast) dan bagian yang menyerupai batang (thallus).

Gambar 1. Perbedaan Rumput Laut dan Lamun

        Lamun membutuhkan cahaya, nutrien, dan karbondioksida, substrat yang cocok, nilai pH , suhu dan salinitas yang dapat ditolerir. Nutrien utama yang dibutuhkan untuk lamun tumbuh adalah nitrogen dan fosfor. Sebab lamun memiliki akar sejati dan pembuluh serta jalur udara pada daunnya, maka lamun dapat menyerap nutrien dan gas dari sedimen maupun perairan. Sama seperti tumbuhan di daratan lamun juga memproduksi oksigen.

Di mana lamun berada ?


Gambar 2. Distribusi Lamun di Dunia
Dari : UNEP-WCMC

        Lamun dapat ditemukan hampir di seluruh dunia kecuali di Antartika. Tercatat 12 jenis lamun dan 60 spesies yang diketahui, di mana Australia merupakan wilayah dengan spesies lamun yang paling banyak yaitu sebanyak 30 spesies. Di Indonesia, terdapat 13 spesies lamun dari 5 jenis yang diketahui.  Lamun membutuhkan cahaya untuk berfotosintesis, sehingga lamun lebih banyak di perairan yang dangkal (1-3 meter). Namun, ia mampu hidup hingga kedalaman 30 meter.


Gambar 3. Distribusi Lamun di Indonesia
Dari : UNEP-WCMC, Short F.T (2016)

Apa peranan lamun pada lingkungan ?

        Beriringan dengan ekosistem mangrove dan ekosistem terumbu karang, lamun memiliki peranan sebagai feeding area, nursery area, dan spawning area. Lamun juga memiliki peran sebagai penangkap sedimen sehingga dapat mengurangi kekeruhan perairan, dan sebagai pengendap partikel organik dan nutrien. Lamun dapat memfiksasi sejumlah karbon organik dan sebagian besar memasuki rantai makanan di laut, baik melalui pemangsaan langsung oleh herbivora maupun melalui proses dekomposisi sebagai serasah, oleh sebab itu lamun memiliki peran sebagai produsen primer.


References :

  1. L Reynolds, Pamela. 25 Oktober 2017.Seagrass and Seagrass Beds. http://ocean.si.edu/seagrass-and-seagrass-beds
  2. Anonymous. 25 Oktober 2017. Seagrass. https://en.wikipedia.org/wiki/Seagrass
  3. McKenzie, L. (2008). Seagrass Educators Handbook. Seagrass-Watch.
  4. Hutomo, M., dan M.H. Azkab. 1987. Peranan Lamun di Lingkungan Laut Dangkal. Oseana, Volume XII, Nomor 1 : 13 – 23.