Follow us

Pulau Baru Muncul di Maluku Pasca Gempa Berkekuatan Magnitudo 7.5



Hallo #SobatNOC Fenomena kemunculan tumpukan lumpur bercampur batu karang membentuk pulau di permukaan laut pasca gempa bumi magnitudo 7,5 yang terjadi pada Selasa (10/1) sekitar pukul 02.47 WIT di Maluku.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan peristiwa itu adalah fenomena alam biasa. Kemunculan pulau tersebut disebut sebagai mud volcano.

Menurutnya, apa yang terjadi di Tanimbar kerap muncul setelah terjadi gempa kuat. Tekanan di dalam lapisan kulit Bumi terakumulasi saat cairan dan gas tidak bisa keluar karena setelah terjebak dalam lapisan sedimen.

Dia menambahkan material lunak yang ditekan akibat adanya gempa akan overpressure. Gempa akan memberikan tekanan lebih pada lapisan plastis di bawah dan akan menyebar keluar, yang pada akhirnya memicu kemunculan pulau baru itu.

"Gunung lumpur 'pulau baru' akhirnya terbentuk ketika cairan dan gas dalam bumi menemukan jalan keluar ke permukaan melalui rekahan batuan yang terbentuk akibat guncangan gempa kuat," jelasnya.

Material lunak berikutnya akan bergerak ke atas rekahan secara perlahan. Material akan membawa lumpur membentuk gunungan lumpur. Namun dia menjelaskan 'pulau baru' akan hilang dengan sendirinya.

Read more :
🌐 www.national-oceanographic.com
▶ Youtube : National Oceanographic

#NationalOceanographic #Mangrove #KKPAccelerate #KKPGOID #EkonomiBiru #MenteriKKP #SaktiWahyuTrenggono #SahabatBahari #TimMarves #RBKKPHEBAT #Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #IKAIKL #UniversitasPadjadjaran #UNPAD