Follow us

The Ocean Call : Baruna Jaya Perairan Sumba



Ribuan orang mampu hidup tanpa cinta. Namun tak satupun hidup tanpa air “W.H.AUNDEN”. Kita semua hidup di planet biru dimana 70% permukaanya diselimuti oleh lautan. Laut merupakan sistem yang menunjang kehidupan. Laut  Adalah tempat dimana sistem penunjang kehidupan di bumi ini bekerja mulai dari oksigen yang kita hirup hingga setiap tetes air yang kita minum. Itu semua menerangkan siklus yang dikemukakan oleh lautan. sulya earle mengatakan “No water No life, No blue No Green”. Sebuah ungkapan begitu vitalnya fungsi lautan bagi kehidupan di daratan. air dari laut membentuk awan yang terkirim ke darat sebagai hujan.  dan  menjadi rumah bagi kehidupan di daratan. Sebagian besar atmosfer di bumi diproduksi di lautan.  Sebagian besar dari karbon organik diserap dan disimpan di lautan melalui mikroba.  kurun 50 tahun terakhir emisi CO2 yang berlebihan memicu pemanasan global dan pengasaman air laut.  pada saat yang sama jutaan Tong plastik mengancam ekosistem laut.  

Ketidaktahuan ketidakpedulian manusia bisa mengancam ekosistem laut.  Indonesia dikenal sebagai Negara maritim namun pemahaman kita sebagai masyarakat Indonesia akan kurang tentang lautan.  Ekspedisi Widya Nusantara disiapkan.  dan mengambil ekspedisi dilakukan di perairan Sumba banyak pertimbangan yang dilakukan dalam penelitian laut ini. diantaranya melakukan fokus di bidang geologi, oseanografi fisika, biogiokimia,pencemarat laut, serta keaneka keanekaragaman hayati.

Penelitian pun dilakukan ada beberapa teori yang berkembang mengenai Pulau Sumba dan sejarah geologinya.  Daratan Sumba dahulunya berada di permukaan laut.  sempat menjadi bagian dari daratan Sulawesi bagian Barat serta Sulawesi Selatan sebelum sumba terpisah menjadi Pulau sendiri.  Adapun teori Pulau Sumba terbentuk 10 juta tahun yang lalu dilihat dari penelitiannya dan sedimennya.

Diasumsikan dalam penelitian tersebut 1 cm yang mewakili 10 tahun yang lalu berarti 2 meter kita bisa merekonstruksi 2000 tahun yang lalu.  Apakah vegetasi nya masih sama Apakah justru sebaliknya menjadi tandus?. tercatat ada 5 Samudra  membentang di planet ini,  Samudra Antartika,  Samudra Artik, Samudra Atlantik,  Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dua diantaranya mengapit Nusantara, yaitu samudra pasifik di utara, dan samudra Hindia di selatan perairan Indonesia satu-satunya yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Oseanografi fisika mempelajari semua proses-proses fisik yang ada di dalam lautan.  karakteristik air  itu ada saninitas,  suhu,  turbinitas, lightrimision, arus,  gelombang,   turbolight.  jadi semua proses kimia dan biologi itu sangat tergantung kepada proses fisika yang ada di lautan.

Proses fisika adalah dasar dari semuanya. Earnord gorden  mengatakan bahwa massa air Pasifik masuk ke perairan Indonesia melalui dua jalur utama . di jalur barat massa air masuk melalui laut Sulawesi dan di jalur timur masa air masuk melalui laut Maluku.   perairan  Sumba termasuk pintu terakhir sebelum masa air  keluar menuju Samudera Hindia.  Jadi  Biogeokimia adalah bidang ilmu yang multifisiplin  dari katanya ada biologi, geologi, dan kimia.   adalah ilmu yang mempelajari transfer materi dari sistem-sistem yang ada di biologi,  geologi,   maupun kimia.

Jadi secara ringkas ilmu yang meneransfer materi di dalamnya biogeokimia menyangkut mengenai nutrien kemudian produktivitas primer. nah yang diukur kita melakukan kadar klorofil dan kondisi fitoplankton.  menurut hasil “EWIN”  perairan Sumba dan sekitarnya termasuk perairan Bali,  Lombok,  kemudian NTT .  Hal itu  semua memiliki produktivitas  yang tinggi.  bagaimanapun perilaku manusia terhadap alam akan bermuara dan terekam di samudra samudra tidak akan memilah apa yang terbawa di arusnya.  pencemaran laut didefinisikan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup zat komponen material atau bahan lain ke dalam ekosistem laut yang menyebabkan fungsi laut tersebut tidak berjalan sesuai dengan fungsi Semestinya. segala sesuatu yang masuk ke dalam laut ini umumnya disebabkan karena kegiatan manusia.  pencemaran laut ini seluruhnya berasal dari kegiatan manusia.

Ada dua hal yang diuji,  pertama  dari sisi logam beratnya,   yang kedua dari mikroplastik.  ketika ukuran plastik ini semakin mengecil mengakibatkan plastik ini memungkinkan masuk ke dalam tubuh kemungkinannya semakin besar.  itu akan berbahaya. level perairan di Sumba ini berada di level yang sama dengan mikroplastik yang ditemukan di sana.  diketahui banyak perairan Sumba merupakan imigrasi berbagai biota laut yang diantaranya dikonsumsi.  di Cina lebih banyak mikroplastik yang bentuknya fiber.  sedangkan  di Indonesia lebih banyak berbentuk fragmen atau seperti pecahan.  padahal  target awal mikroplastik diciptakan agar bisa di Rycle.  manusia  pada dasarnya  banyak menggunakan plastik jadi kita harus mengurangi penggunaan plastik tersebut.

Apapun yang terjadi pada Samudra Ia akan menyediakan kehidupan bagi setiap makhluk hidup.  keragaman hayati di Sumba  sumbernya di padang lamun.  padang lamun sangat penting karena sebagai asuhan anak-anak ikan dan yang kedua jenis teripang. Selain itu jenis mollusca yang ada di Sumba.   perubahan fisik di lingkungan tempatnya makhluk hidup itu bisa bertahan atau tidak.  contoh misalkan  suhu air naik menjadi asam bagi terumbu karang  itu bukan yang bagus bagi mereka karena kalau suhu air laut naik terumbu karang tidak mampu membentuk kerangka karang dan itu menyebabkan kerangka menjadi laut dan mengakibatkan mereka tidak bisa hidup di alam. lebih dari  50%   asalnya dari laut yang pertama dari fitoplankton padang lamun.  lautan di Indonesia  luar biasa dan dikenal sebagai hotspot keanekaragaman hayati di dunia.  menjadi penentu dalam hal iklim dan keanekaragaman hayati ekosistem inilah yang akan mempengaruhi kehidupan manusia di masa depan.

Judul video : The Ocean Call : Baruna Jaya Perairan Sumba

Penerbit video : Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Tahun publikasi : 1 November 2018

Kelebihan :

1.      Dalam video ini dijelaskan betapa indahnya keanekaragaman hayati di Pulau Sumba

2.      Dalam video ini masih banyak ekosistem yang begitu banyak di video tersebut

3.      Dalam video ini  kita dijelaskan untuk bisa menjaga alam

Kelemahan :

Dalam video tersebut  hanya menjelaskan pencemaran oleh manusia akan tetapi tidak begitu dijelaskan peran manusia untuk melestarikan ekosistem alam yang berada di bumi Nusantara. Mari kurangi penggunaan kantong plastik karena bisa memicu pencemaran lingkungan