Follow us

Selamat Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku"



Hallo #SahabatNOC Pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris mengakibatkan banyak orang-orang Indonesia yang gugur. Oleh karena itu setiap tanggal 10 November 2021 diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Tema Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 adalah PAHLAWANKU INSPIRASIKU.

#GoodNews 

Pada bidang kelautan, ada salah satu pahlawan nasional yang sangat berjasa bagi kelautan Indonesia yaitu Djuanda Kartawidjaja. Beliau mengeluarkan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957 yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. Deklarasi Djuanda menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Dengan lahirnya Deklarasi Djuanda, berlayar di perairan kepulauan Indonesia tidak lagi bebas. Laut-laut antarpulau, sejak ada Deklarasi Djuanda, menjadi wilayah Republik Indonesia. Dalam arti lain, melalui deklarasi ini Indonesia telah menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State).

Read more :

🌐 www.national-oceanographic.com

▶ Youtube : National Oceanographic

#Semarak4tahunNOC #NationalOceanographic #maritime #national_ocean #TimMarves #KKP #KKPREBOUND #SahabatBahari #RBKKPHEBAT #Kemaritiman #Jokowi #PorosMaritimDunia #UNIMAL #FPIK #FITK #UNDIP #UI #UNHAS #UHT #UNPATI #IPB #HariPahlawan #PahlawankuInspirasiku