Follow us

Sang Predator Lautan: Black Tip Reef Shark



    Hiu karang sirip hitam atau blacktip (Carcharhinus melanopterus ) merupakan salah satu jenis hiu karang yang terdapat di Indonesia. Jenis hiu ini memiliki ciri khas yaitu terdapat warna hitam pada ujung siripnya sehingga mudah untuk dikenali, juga memiliki moncong yang agak bulat.Spesies hiu ini tersebar luas di bagian Indopasifik, hiu ini memakan ikan seperti sarden, mackerel, gurita dan udang.Hiu mempunyai alat kelamin yang terpisah dan pada hiu jantan memiliki dua organ kelamin yang disebut dengan clasper, yang terletak pada bagian bawah badannya. 


    Hiu jantan mempunyai dua clasper karena memiliki dua pelvic fins.Hiu mencapai masa dewasa pada saat usia 8 tahun dengan panjang 1 meter dan kebanyakan spesies ini mencapai 2 meter pada umur 12 tahun. setelah dewasa, hiu betina akan kembali ke perairan dangkal yang dimana tempat mereka dilahirkan untuk melahirkan anak-anaknya. Hiu karang sirip hitam ini merupakan salah satu jenis hiu karang yang biasanya menjadi objek para wisatawan pada saat melakukan diving.

    Keberadaan hiu sangat penting untuk menjaga ekosistem terumbu karang karena mereka memakan ikan-ikan yang sakit dan dengan itu mereka memastikan hanya ikan –ikan yang sehat yang dapat hidup untuk berkembang biak.

Daftar Pustaka :

Chin,Andrew (2013) The biology and ecology of the blacktip reef shark Carcharhinus melanopterus (Quoy & Gaimard, 1824 ) and implications for management. PhD thesis, James Cook University

Information sheets for fishing communities vol.17. diterbitkan oleh SPC (www.spc.int) yang berkolaborasi dengan LMMA Network (www.lmmanetwork.org)