Follow us

Sampai Akhir Tahun 2020, Terjadi Penurunan Angka Buangan Sampah ke Laut Sebesar 15,3%



Mengutip dari Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar dalam diskusi Pojok Iklim KLHK mengatakan telah terjadi penurunan sampah plastik yang berakhir ke lautan dalam beberapa tahun terakhir. Target pemerintah pada 2025 sampah plastik di laut dari daratan berkurang drastis.

"Sampai tahun 2020 kami sudah bisa memastikan bahwa terjadi penurunan 15,3 persen" kata Novrizal, dalam diskusi Pojok Iklim KLHK, yang dipantau virtual dari Jakarta, Rabu (7/7).

Berdasarkan catatan, pada 2018 timbunan sampah plastik di lautan mencapai 615.674,63 ton. Angka tersebut turun menjadi 566.074,94 ton pada 2019. Lalu kembali turun menjadi 521.275,06 ton pada 2020. Pemerintah sendiri memproyeksikan dapat melakukan pengurangan sampah yang bocor ke laut mencapai 70 persen pada 2025. 

Novrizal menjelaskan beberapa langkah lain yang telah dilakukan untuk pengurangan sampah plastik, seperti penerbitan edaran untuk pengurangan penggunaan kemasan plastik sekali pakai di berbagai kantor kementerian dan lembaga. Dilakukan pula pengintegrasian Rencana Aksi Nasional Sampah Laut dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2025, optimalisasi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup dan hibah organisasi internasional untuk mendukung rencana aksi.

Kajian analisis pengelolaan sampah di darat dan di laut akan terus diperbanyak untuk mendukung tujuan pengurangan sampah. "Juga akan meningkatkan asistensi kepada para kepala daerah dan pemerintah daerah untuk pengelolaan sampah terpadu dan berkelanjutan. Dan pelibatan lembaga keagamaan dan komunitas," ujarnya.

Read more :
🌐 www.national-oceanographic.com
📷 Instagram: @national_ocean
▶ Youtube : National Oceanographic

#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim #worldenvironmentday2021 #worldenvironmentday #ecosystemrestoration #biodiversity #un #fpik #fitk #unpad #undip#ui #unhas #uht #unpati #ipb #worldwildlifeday #saveourocean #marineconservation #maritimewebinar #KKPGOID #KKPRebound #RBKKPHEBAT