Follow us

Pesahabatan Ikan Badut (Clownfish) dan Anemon.



  •     Pastinya sudah banyak yang mengetahui fakta bahwa ikan badut atau yang biasa kita kenal dengan nemo bersimbiosis dengan anemon. Keduanya memiliki peran yang cukup penting  untuk saling melindungi dari ancaman predator dan bertukar nutrisi. Tapi bukan hanya itu yang saja, clownfish dapat mentoleransi sengatan yang dihasilkan oleh anemon. Pada dasarnya anemon yang termasuk dalam golongan softcoral, memiliki tentakel yang digunakan untuk mengambil makanan dari kolom air. Tentakel tersebut memiliki bulu-bulu halus yang dapat menyengat atau disebut dengan nematocit. Ini adalah cara yang digunakan anemon untuk melindungi dirinya dari predatornya. Tetapi ikan badut dapat metoleransi sengatan tersebut dengan lendir yang tebal yang berada ditubuhnya.

        Nemo ternyata bukan hanya menjadikan anemon tempatnya berlindung tetapi membantu menciptakan sirkulasi air segar untuk anemon, membantunya untuk mendapat lebih banyak air beroksigen, mempercepat metabolisme, dan tumbuh lebih cepat dengan seperti menari sambil mengepakkan siripnya dianemon. Fakta yang menariknya bahwa semua jenis ikan badut hanya dapat bersimbiosis dengan jenis anemon tertentu, bukan dengan semua jenis anemon.

    Namun belakangan ini pencemaran perairan yang terjadi dapat menjadi ancaman bagi keduanya, tentunya bukan hanya untuk anemon dan clownfish tetapi untuk semua biota laut lainnya. Salah satu ancaman bagi anemon dan clownfish adalah perubahan kekeruhan perairan. Kondisi laut yang tercemar dapat menyebabkan peingkatan kekeruhan air seperti akibat Sedimen yang dibawa dari darat. kekeruhan perairan akan menyebabkan anemon tidak dapat berkembang dengan baik, jika ini terjadi clownfish akan kehilangan rumahnya dan berdampak pada penurunan jumlah ikan badut. Kekeruhan perairan juga akan berpengaruh pada morfologi ikan badut, akan terjadi perubahan pada insang ikan tersebut sebagai cara ikan badut untuk medapatkan cukup oksigen dari air yang keruh. Jika anemon hilang, maka akan sulit bagi penyelam untuk menemukan ikan badut. Sehingga mari kita bersama-sama untuk melestarikan habitat lingkungan perairan untuk menjaga kelestarian biota yang hidup didalamnya.