Follow us

Perubahan iklim bukan lagi sebatas climate change, akan tetapi sudah menjadi climate crisis



Terimakasih kepada 1000 peserta terpilih dalam kegiatan “Ocean Talks 11.0 : 2021 Series” yang telah sukses dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021 yang mengangkat bahasan "Indonesia Komitmen Tangani Isu Climate Change, Tarik Green Investment Dalam Konferensi Tingkat Tinggi PBB Terkait Perubahan Iklim (COP-26)”. Kegiatan yang ditayangkan melalui kanal zoom dan youtube National Oceanographic disaksikan hampir mencapai 1000 peserta/penonton. Kegiatan ini dipersembahkan bagi seluruh #SobatNOC yang terus mendukung program-program yang dilaksanakan oleh National Oceanographic.

Pertemuan global terbesar bagi penanganan perubahan iklim, COP26 UNFCCC telah berlangsung di Glasgow, Inggris, tgl 31 Okt – 13 Nov 2021. COP26 diselenggarakan untuk memastikan global net zero emission dalam setengah abad ke depan, menjaga tingkat kenaikan suhu sebesar 1,5oC. Founder National Oceanographic dalam sambutannya mengatakan "Perubahan iklim bukan lagi sebatas climate change, akan tetapi sudah menjadi climate crisis. Perubahan iklim tidak hanya menjadi ancaman bagi Indonesia tetapi seluruh dunia seperti halnya yang saat ini kita alami yaitu pandemi Covid-19. Maka perlu peran kita sebagai generasi muda melakukan aksi dan inisiatif iklim untuk menyelamatkan planet ini."


Mujizat Alam pun menutup sambutannya dengan mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan perlu memperkuat keterkaitan antara penanganan perubahan iklim dengan pembangunan sektor kelautan (ocean-climate nexus). Melalui Perpres No. 98 tahun 2021, Indonesia akan memulai proses perdagangan karbon dan implementasi carbon pricing untuk mendukung pencapaian komitmen aksi iklim NDCs Indonesia. Hal tersebut menjadi langkah tidak hanya dalam rangka mendukung penurunan emisi namun juga memperbaiki kualitas alam Indonesia termasuk hutan mangrove. Dalam kegiatan COP26 juga, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600.000 hektare sampai 2024. Hal ini tentu perlu dukungan namun juga pengawasan dari kita semua!

#OceanTalks #NationalOceanographic #maritime #national_ocean #AUKUS #KKPGOID #KKPRebound #TimMarves #RBKKPHEBAT #Unimal #FPIK #FITK #UNPAD #UNDIP #UI #UNHAS #BRIN #WebinarKelautan #webinarnasional