Follow us

Pengembangan Vaksin Covid-19 di Indonesia



Kepala Bagian Manajemen Produksi PT Bio Farma (Persero) Bapak Mohamad Rahmat S.Si.,M.Biomed turut hadir dalam acara Ocean Talks 9.0: 2021 Series yang mengangkat bahasan “Minyak Hati Ikan Hiu sebagai komposisi  Vaksin Covid-19, Potensi atau Ancaman?”. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa vaksin adalah suatu zat yang baik berupa virus ataupun bakteri yang dilemahkan atau pun dimatikan yang kemudian diberikan ke dalam tubuh yang nanti akan merangsang tubuh memberikan kekebalan atau antibodi sehingga dalam jangka waktu yang panjang memberikan kekebalan tubuh jika suatu saat terjadi infeksi. Berkenaan mengenai Adjuvant, vaksin-vaksin yang menggunakan Adjuvant itu adalah vaksin-vaksin yang dimatikan atau ineffective vaccine.


Vaksinasi adalah upaya untuk memberikan antigen  baik itu virus atau pun bakteri yang  dilemahkan atau pun dimatikan  ke dalam tubuh manusia  sehingga dapat mengajarkan  tubuh  perlindungan sendiri  dengan membentuk antibodi  sehingga ketika suatu saat jadi infeksi atau pun  pandemi tubuh itu sudah mempunyai tameng  yang dibuat karena vaksin masuk kedalam tubuh,  ketika virus atau pun bakteri nanti akan masuk ke dalam butuh  menyerang maka kita sudah punya  bertahanan tubuh  sehingga tubuh tidak akan  terkena atau infeksi dari mikroorganisme yang menginfeksi  kedalam tubuh kita.  Hal tersebut adalah tujuan dari vaksinasi terhadap  seseorang atau individu.

Pentingnya vaksinasi  bagi seseorang atau individu yang  diberikan itu spesifik  terhadap infeksi-infeksi  penyakit tertentu, jadi vaksin tidak bisa digenerate untuk segala penyakit.  Seperti contohnya jika vaksinnya hepatitis maka hanya akan mampu melakukan pertahanan terhadap  virus hepatitis demikian juga covid 19 untuk mempertahankan diri  terhadap infeksi  covid maka vaksinnya harus vaksin covid19.

Ada pun Herd Immunity atau kekebalan kelompok dalam hal ini kita sering kali melihat kerumunan orang yang begitu banyak disekeliling kita. Ketika ada orang  yang berpenyakit dan di ekosistem lingkungan tersebut belum ada yang melakukan vaksinasi maka  dengan sangat gampang sekali akan menginfeksi atau menularkan kepada orang yang sehat.

Peran Bio Farma dalam penyediaan vaksin covid 19 di Indonesia dalam penyediaan vaksin Bio farma  melakukan kerja sama impor vaksin  bulk ready-to-fill vaksin covid 19 dari sinovac, China. Vaksin Covid 19 yang sudah mendapatkan EUA di Indonesia adalah Coronavac. Vaksin yang kita terima dalam bentuk jadi yaitu dari Sinovac, Astra Zeneca, Sinopharm, Moderna.

Referensi :
Ocean Talks 9.0: 2021 Series “Minyak Hati Ikan Hiu Sebagai Komposisi Vaksin COVID-19, Potensi atau Ancaman?” Pada 21 Agustus 2021