Follow us

Pengaruh Anemon Laut (Actiniaria) Terhadap Masa Depan Clownfish (Amphiprioninae)



Anemon laut adalah kerabat dekat dari hewan karang. Binatang ini merupakan salah satu biota laut yang digemari oleh kalangan pecinta akuarium hias air laut. Bentuk tubuhnya menyerupai bunga karang dengan warna-warni yang indah pada tubuhnya. Anemon laut ini merupakan hewan lunak yang tergolong dalam hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang). Anemon Laut merupakan termasuk kedalam filum Coelentera dengan struktur tubuh berbentuk polip, hidup secara soliter, mempunyai tinggi antara 1,5-5 cm dengan diameter 1-2 cm.

Clownfish (Amphiprioninae ocellaris) termasuk jenis ikan hias akuarium air laut yang mempunyai penggemar cukup banyak. Jenis yang sangat umum dikenal dan telah berhasil ditangkarkan salah satunya yaitu Amphiprion percula dan Amphiprion ocellaris. Ada 34 jenis ikan clown yang telah teridentifikasi dan ditemukan pada perairan `dangkal sampai perairan dalam, serta pada dasar yang berkarang. Secara umum ikan clown mempunyai corak warna dasar dengan kombinasi : merah – putih, merah – hitam dan hitam – kuning - putih. Corak warna dan variasi kombinasi warna dijadikan sebagai ciri dalam identifikasi jenis ikan clown. Ikan clown hidup secara bergerombol dan habitatnya di alam selalu berdampingan atau bersimbiosis dengan anemon laut.

Peranan Penting Anemon Laut Bagi Clownfish

- Anemone laut mempunyai peranan penting bagi siklus hidup ikan badut (cwlonfish).

- Anemone laut memberikan tempat tinggal bagi ikan badut, dan ikan badut membantu mengusir ikan kupu-kupu (butterfly fish) yang mencoba memakan tentakel anemone, ini disebut dengan simbiosis mutualisme.

- Anemone laut mempunyai tentakel yang dapat menyengat, dan ikan badut dapat bersarang diantara tentakel anemone laut yang menyengat sebagai pelindungan.

- Anemone laut juga menjadi pelindung bagi ikan badut (clownfish) dari para pemangsa, karena anemone laut memiliki tentakel yang dapat menyengat.

Ancaman Terhadap Populasi Anemon Laut

Apabila berkurang nya anemon laut di lingkungan perairan laut maka semakin menyusutnya jumlah populasi terhadap clownfish, oleh karena itu clownfish butuh rumah untuk melindungi dirinya dari serangan predator. Masyarakat di wilayah pulau/pesisir memanfaatkan Anemon laut untuk dijual ke warga pulau sendiri atau dimakan untuk keperluan sehari-hari. Daging dari Anemon laut ini sangat enak dan kenyal tidak kalah dengan ayam loh.

Bagaimana Kehidupan Clownfish Kalau Tidak Ada Anemon laut?

Anemon yang merupakan habitat ikan badut hidup dengan habitat pasir, lagun, tepi padang lamun (seagrass) dan juga daerah terumbu karang atau di atas karang bulat pada kedalaman 1-20 m. Anemon hidup pada kedalaman dangkal dengan arus dan gelombang yang cukup rendah. Hal ini akan berpengaruh juga kepada kelimpahan ikan badut dimana kelimpahan berkisar antara 0.03 ± 0.24 Ind/m2.

Anemon laut sangat berpengaruh terhadap kehidupan clownfish karena anemone laut dapat menjaga clownfish dari serangan predator dan anemone laut mempunayai tentakel yang lengket apabila terkena tangan. Apabila anemone laut sangat berkurang itu sangat tercancam dan akan terjadi kepunahan terhadap clownfish dan manusia semakin lama semakin overfishing terhadap penangkapan clownfish di laut untuk dijual pengumpul ikan hias. Sebelum terjadi nya kepunahan ldlan overfishing terhadap clownfish kita harus mengambil Tindakan aquaculture clownfish untuk menjaga kelestarian dan keindahan laut kita dan serta dapat meningkatkan populasi clownfish.

Bagaimana Anemon Laut Berinteraksi Dengan Clownfish?

Ikan badut hidup berdampingan dengan anemon dan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme). Anemon laut menjadi pelindung bagi ikan badut dari para pemangsa sedangkan sebaliknya ikan badut membersihkan anemon dari sisa-sisa makanannya. Interaksi inilah yang kemudian membuat ikan badut dinamai sebagai ikan anemon (anemonefish).

Apakah Masyarakat Masih Peduli Dengan Kelestarian Anemon Laut?

Sebagian masyarakat di wilayah pulau/pesisir masih mencari Anemon laut untuk keperluan ekonomi sehari-hari. Tetapi kebanyakan dari masyarakat pulau/pesisir masih memanfaatkan dari hasil tangkapan ikan nelayan. Masyarakat pulau/pesisir tidak banyak mengambil Anemon laut ini hanya jenis anemon laut saja yang dapat dikonsumsi dan jenis anemon laut yang diambil untuk dijual/untuk keperluan pribadi yang berada di perairan laut dangkal saja.

Bagaimana Cara Pemerintahan Melestrasikan Anemon Laut?

Salah satu Langkah untuk melestarikan anemon laut ialah pemerintahan sendiri membuat satu inovasi budidaya Anemon Laut di balai-balai konservasi laut dan atau dikawasan perairan dangkal (secara alami) dalam rangka untuk konservasi anemon laut dan meningkatkan jumlah populasi clownfish secara alami serta meningkatkan perekonomian masyarakat pulau/pesisir. Semakin banyak pupolasi dari anemon laut semakin banyak juga jumlah clownfish yang ada di dalam anemon laut dan juga dapat meningkat nilai ekonomi di masyarakat pulau/pesisir dari penjualan ikan hias air laut.

DAFTAR PUSTAKA

Lubis, M. Z., Pujiyati, S., & Mujahid, M. (2013). PENGARUH ANEMON (Heteractis magnifica) TERHADAP VITALITAS IKAN BADUT (Amphiprion oscellaris) UNTUK MEMINIMALISASI PENGGUNAAN KARANG HIDUP PADA AKUARIUM LAUT BUATAN. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan4(2), 149-154.

Susanti, H. (2020). Studi Awal: Persentase Penetasan dan Performa Pertumbuhan Benih Ikan Clown (Amphiprion percula). Jurnal Biosains Pascasarjana22(1), 20-28.

Mustakim, R., Thamrin, T., & Zulkifli, Z. (2014). The type and abundance of clown fish (amphiprion sp.) In conservation areas of kasiak island of pariaman city of west sumatera (Doctoral dissertation, Riau University).

Farianti, L., Irawan, H., & Pratomo, A. (2015). Pola Hubungan Antara Jenis Anemon Dengan Ikan Badut (Amphiprioninae) Di Perairan Daerah Pulau Pucung Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Repository UMRAH. 1-11.