Follow us

Pandemi COVID-19 Sumbang 9,2 Juta Ton Sampah Medis, 28.000 Ton Cemari Lautan



[www.national-oceanographic.com] Krisis kesehatan yang sedang berlangsung pada awalnya merupakan keajaiban bagi lingkungan, tetapi sekarang alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan dan masker sekali pakai mulai mengotori lautan. Satu hal yang tampaknya tidak disampaikan adalah bagaimana cara membuang APD bekas pakai. Saat ini APD sekali pakai mulai menuju ke lautan

Menurut laporan The Guardian, berdasarkan penelitian di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan fakta 193 negara menghasilkan 9,2 juta ton sampah plastik terkait pandemi COVID-19. Dari jutaan sampah tersebut, lebih dari 28.000 ton sampah itu hanyut ke laut begitu saja. Penghitungan dilakukan dari awal pandemi terjadi hingga pertengahan Agustus 2021.


Sebagian besar plastik—sekitar 87,4 persennya—berasal dari sisa pemakaian rumah sakit. Sementara itu, 7,6 persen berasal dari individu. Sampah pengemasan alias bungkusan dan alat tes corona masing-masing menyumbang sekitar 4,7 persen dan 0,3 persen dari keseluruhan limbah.

Tim peneliti yang berasal Universitas Nanjing, China dan Universitas California, Amerika Serikat itu mengembangkan model untuk memprediksi berapa banyak sampah plastik ini berakhir di laut setelah dibuang.

Lewat pemodelan yang dilakukan para peneliti, dalam jangka pendek, sebagian besar sampah berdampak pada lingkungan pesisir di dekat sumber aslinya. Sedangkan untuk jangka panjang, sampah-sampah tersebut bisa jadi berserakan, terakumulasi dan menumpuk di laut terbuka.

Pemodelan para peneliti juga memprediksi zona akumulasi plastik sirkumpolar akan terbentuk pada tahun 2025. Di akhir abad ini, 28,8 persen sampah plastik terkait pandemi diprediksi akan berakhir di dasar lautan dan 70,5 persen lainnya terdampar di pantai. Limbah medis itu berpotensi merusak ekosistem lautan.

 

Referensi :

Farren Sahertian.2021. Kumparan. https://kumparan.com/kumparansains/covid-19-sumbang-9-2-juta-ton-sampah-medis-28-000-ton-cemari-lautan-1wtPh57Sfae/full. Diakses pada tanggal 14 November 2021

Komarudin. 2020. Liputan6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4287699/masker-dan-sarung-tangan-sekali-pakai-mulai-mencemari-lautan. Diakses pada tanggal 14 November 2021