Follow us

Ocean Talks 1.0 : 2020 Series "Ketahanan Kedaulatan Nasional Dalam Sektor Kelautan Studi Kasus Laut Natuna Utara"



National Oceanographic (NOC) adalah sebuah institusi pendidikan dan riset ilmiah nonprofit di Indonesia yang memiliki fokus riset pada bidang kajian kelautan meliputi bidang oseanografi dan konservasi hayati laut di seluruh perairan Indonesia.

Dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, National Oceanographic bekerjasama dengan BEM FPIK Unpad mengadakan kegiatan Ocean Talks dengan bahasan ketahanan kedaulatan nasional dalam sektor kelautan di laut Natuna Utara.

Wilayah Kepulauan Natuna merupakan wilayah yang terletak di sebelah utara Selat Karimata yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Munculnya klaim Tiongkok dengan menerbitkan peta klaim nine-dash line Tiongkok beserta ZEE Natuna di dalamnya menjadi isu hangat yang bergejolak saat ini di Indonesia. Langkah Tiongkok dalam menyikapi sengketa Laut China Selatan dengan melakukan pembangunan pangkalan militer di teluk Yaolong dan Hainan membuat kita sebagai bangsa Indonesia harus mewaspadai tindakan-tindakan Tiongkok khususnya di ZEE Natuna Indonesia.

Oleh karena itu kegiatan webinar mengenai ketahanan kedaulatan nasional dalam sektor kelautan di laut Natuna Utara dapat menjadi sarana edukasi dan diskusi terhadap langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan Indonesia. Kegiatan Ocean Talk 1.0 memiliki tujuan untuk dapat memberikan jawaban atas 3 pertanyaan besar berikut:

1.    Seberapa besar potensi kelautan dan perikanan di Laut Natuna Utara Indonesia

2.    Bagaimana tantangan dan potensi pengelolaan sumber daya ikan di Laut Natuna Utara Indonesia ?

3.    Bagaimana kondisi Geopolitik dan Hankam di Laut Natuna Utara Indonesia ?

Berangkat dari pertanyaan tersebut, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pandangan/perspektif yang holistic dari berbagai narasumber tentang Laut Natuna Utara Indonesia.

Kegiatan ini terbuka untuk pelajar/mahasiswa, PNS/BUMN, Lembaga Pemerintah, NGO dan lainnya dengan target peserta sebanyak 250 orang yang akan ikut langsung via Zoom dan target peserta sebanyak 1000 orang yang akan ikut menyaksikan melalui channel youtube National Oceanographic.

Silahkan klik DAFTAR dibawah ini untuk masuk ke link pendaftaran :

DAFTAR KEGIATAN

Informasi Selengkapnya :
📷Instagram: @national_ocean
👤Facebook : National Oceanographic
🐦Twitter: @national_ocean
▶ Youtube : National Oceanographic