Follow us

Mengenal Nudibranch : Siput Cantik Penghuni Laut



Apa yang kalian pikirkan pertama kali ketika mendengar kata siput? Mungkin beberapa dari kalian mengecap binatang siput sebagai hewan yang kecil, bercangkang, berlendir, dan mungkin sebagian dari kalian merasa jijik dengan siput. Bagi kalian yang merasa begitu, sepertinya belum bertemu dengan siput cantik yang satu ini.

Nudibranch (atau bisa disingkat Nudi) adalah salah siput jenis siput laut dari subkelas Opistobranchia dengan ciri-ciri utama tidak bercangkang, berbeda dengan jenis-jenis siput lain yang umumnya bercangkang. Nudibranchia secara harfiah artinya adalah “naked gills”, disebut begitu karena hewan ini bernafas dengan insang yang terekspos dan berada di dekat anusnya. Fungsi insang ini sama dengan insang yang dimiliki ikan, yaitu untuk proses respirasi. Beberapa jenis Nudibranchia dapat menyembunyikan insangnya sehingga bisa menghindarkan diri diserang predator. Beberapa jenisnya memiliki insang yang terletak di sisi tubuhnya. Nudibranch “melihat” dengan menggunakan sensor cahaya dan gerakan yang dinamakan rhinopore, sensor ini biasanya terletak di bagian kepalanya.


Hal yang paling menarik dari Nudibranchia adalah bentuk, warna, dan ukuran yang sangat beragam. Bentuknya bisa bulat, oval, memanjang. Warnanya sangat bervariasi, satu spesies saja bisa memiliki warna yang berbeda. Warna tubuh Nudibranchia rata-rata mencolok, hal ini dilakukan untuk memberi peringatan kepada predator tentang racun yang ada di dalam tubuh Nudibranchia. Racun-racun ini berasal dari jenis makanannya, mulai dari alga, spons, ascidian, bahkan beberapa bersifat kanibal. Ukurannya berkisar antara beberapa milimeter hingga 300mm. faktor ukuran ini juga biasanya disebabkan oleh ketersediaan makanan. Spesies Nudibranchia yang paling besar dan terkenal yaitu Spanish Dancer (Hexabranchus sanguineus) yang hidup di perairan Indoensia dan Fiji, dan lebih sering ditemukan pada malam hari.

Nudibranchia dapat ditemukan di berbagai habitat di lingkungan laut, dari mulai zona intertidal hingga laut dalam (>1000 meter). Jika kalian jeli, kalian bisa menemukannya di hidup di sekitar karang hidup, patahan karang, pasir, bahkan di perairan dangkal di sekitar mangrove dan lamun. Hal yang menarik dari Nudibranchia ini yaitu tantangan dalam menemukannya. Banyak sekali fotografer bawah air menjadikan Nudibranchia sebagai objek foto favorit.