Follow us

Mamalia Laut Endemik Pesut Mati Mengenaskan di Teluk Balikpapan



    Masih seputar kasus pencemaran tumpahan minyak di Balikpapan, kali ini datang dari satwa mamalia laut pesut. Mamalia laut pesut endemik teluk Balikpapan, ditemukan mati terdampar di pantai Balikpapan. Diduga kuat, satwa itu mati akibat terkena pencemaran racun paparan minyak di teluk Balikpapan. Sempat dikira oleh warga bahwa satwa tersebut adalah Dugong yang memang hidup di perairan teluk Balikpapan. 

    Disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan dan BKSDA Kalimantan Timur, yang mendatangi pesut mati tersebut dan mengambil sampel buat dicek di laboratorium, namun dilihat dari kondisi fisik pesut tersebut, dugaan kuat mamalia laut tersebut mati karena terpapar minyak di laut Balikpapan.


    Berdasarkan catatan National Oceanographic Indonesia bahwa terdapat 4 jenis mamalia yang hidup di teluk Balikpapan. Di antaranya Dugong, pesut, lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba tanpa sirip belakang. Keempat  mamalia ini memiliki habitat yang tidak jauh berbeda dimana perairan pesisir yang banyak ekosistem terumbu karang sangat penting dan menjadi habitat bagi mereka.