Follow us

Kontribusi dan Peranan Masyarakat Terhadap Konservasi Laut - BIOTECHFAIR Universitas Al Azhar 2021



Hallo #SobatNOC, Pada hari ini 4 Desember 2021, Founder National Oceanographic Kak Mujizat Alam menjadi pembicara dalam kegiatan BIOTECHFAIR 2021 yang mengangkat tema "BIOCEAN (Build Improvement To Conserve Our Ocean)”. Dalam kegiatan tersebut juga diundang Founder SEASOLDIER Kak Nadien Chandrawinata. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bioteknologi Universitas Al-Azhar Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Kak Mujizat Alam menyatakan bahwa “Keberlanjutan perekonomian laut (Sustainable Ocean Economy)  sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan keseimbangan antara perlindungan ekosistem laut, pembangunan ekonomi kelautan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dari pemanfaatan laut”.

Terdapat lima bidang dalam implementasi sustainable ocean economy. Di antaranya ocean wealth (kekayaan laut), ocean health (kesehatan laut), ocean equity (keadilan dalam pendistribusian manfaat laut), ocean knowledge (pengetahuan tentang laut), dan ocean finance (pembiayaan upaya penyehatan dan pengelolaan sumber daya kelautan).

Di akhir kesempatan, Kak Mujizat Alam menutup dengan menyatakan bahwa “Dengan penguatan visi sektor kelautan sebagai “prime mover” ekonomi nasional maka laut akan menjadi kunci pemulihan ekonomi kita. Serta dengan potensi ekonomi dari 11 sektor kelautan yang mencapai US$ 1,348 triliun per tahun merupakan peluang pembukaan lapangan kerja yang luas bagi lulusan di bidang kelautan. Saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa untuk belajar yang rajin, kembangkan diri, serta jadilah lulusan yang handal dan berdaya saing tinggi” pungkasnya.


Sekali lagi, terimakasih Himpunan Mahasiswa Bioteknologi Universitas Al Azhar Indonesia atas kolaborasi ini, semoga dapat memberikan insight baru kepada #SobatNOC semuanya. Jalesveva Jayamahe

#OceanTalks #KKPGOID #KKPRebound #TimMarves #RBKKPHEBAT #Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #UN #FPIK #FITK #UNPAD #UNDIP #UI #UNHAS #UHT #UNPATI #IPB #WebinarKelautan #webinarnasional