Follow us

Kesehatan Laut Dunia Relatif Stabil Dalam 5 Tahun Terakhir



    Indeks kesehatan laut global tetap relatif stabil selama lima tahun terakhir. Indeks kesehatan laut tersebut digunakan untuk menilai kesehatan laut dalam skala lokal dan regional dengan menggunakan faktor ukur seperti biodiversitas, perlindungan pesisir dan kebersihan perairan untuk membantu pembuatan kebijakan dalam skala regional. Dalam studi ini, Halpern dan timnya menganalisis selama 5 tahun data indeks kesehatan laut di 220 negara dengan mencari implikasi terhadap perubahan yang terjadi.


Ini adalah map distribusi dari OHI Index scores and rata-rata perubahan tahunan
Sumber: Halpern et al (2017); CCAL

    Seperti yang diduga  bahwa kesehatan laut global telah cukup stabil selama lima tahun terakhir, karena kesehatan lautan di dunia tidak dapat berubah dengan cepat selama periode waktu yang relatif singkat. Namun, ada perubahan yang signifikan di masing-masing negara. Sebagai contoh, ditemukannya penurunan indeks kesehatan laut secara keseluruhan di banyak negara Arctik dan sub-Arktik, hal ini dapat disebabkan karena mancairnya es laut dengan cepat yang mengakibatkan perlindungan wilayah pantai pun menjadi terancam. Para peneliti menyarankan bahwa perlu adanya perbaikan pada manajemen perikanan tangkap, penciptaan kawasan perlindungan laut, dan penurunan penangkapan ikan ikan dan produk alami lainnya yang mungkin telah menstabilkan indeks kesehatan laut di wilayah lain.

    Ocean Health Index mampu memprediksi perubahan jangka pendek dalam kesehatan laut global, oleh karena itu investasi dalam sumber daya tambahan untuk mengukur perubahan pada skala global akan sangat membantu dalam hal manajemen dan perlindungan kesehatan laut sekarang dan di masa depan.

"Salah satu hal yang sangat penting tentang Indeks Kesehatan Laut adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk membandingkan kesehatan lautan di tempat mana pun di planet ini, dari waktu ke waktu, dengan ukuran yang dapat dibandingkan secara langsung,"
Benjamin Halpern.


References :

Benjamin S. Halpern, Melanie Frazier, Jamie Afflerbach, Casey O’Hara, Steven Katona, Julia S. Stewart Lowndes, Ning Jiang, Erich Pacheco, Courtney Scarborough, Johanna Polsenberg. Drivers and implications of change in global ocean health over the past five years. PLOS ONE, 2017; 12 (7): e0178267 DOI: 10.1371/journal.pone.0178267