Follow us

Kapal Riset Geomarin III, Bukti Kehebatan Industri Perkapalan Nasional



Kapal Riset Geomarin III (GOMA) merupakan kapal riset milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian ESDM yang mulai beroperasi pada tahun 2008. Uniknya, kapal riset tercanggih di Indonesia yang selama hampir 13 tahun telah mengarungi samudera dari sekitar perairan Sabang hingga Merauke ini merupakan kapal riset buatan industri dalam negeri yaitu PT PAL Indonesia (Persero). Ada yang baru tahu ?

Kapal Riset Geomarin III yang biasa disebut GOMA, memiliki multipurpose vessel. Fungsinya untuk pemetaan hidrografi, oseanografi, geologi, maupun geofisika.


KR. Geomarin III memiliki spesifikasi panjang 61,70 meter dengan Groos Register Tonnage 1300 GT, menggunakan mesi 2 x 1.000 HP dengan konsumsi bahan bakar 4,8-9,3 ton per hari atau 6.040-11.600 liter. Geomarin III memiliki kecepatan maksimum 13,5 knot, kecepatan jelajah 12,5 knot, kecepatan survei 4,0 knot dan masa layar 30 hari.


Gambar 3. Kapal Riset Geomarin III Saat Laksanakan Annual Docking di PT PAL INdonesia (Persero) Pada 16 Sept 2021

KR. Geomarin III dilengkapi dengan fasilitas Dynamic Positioning System (DPS)/DP-1, yaitu sistem manuver pergerakan relatif terhadap gerakan sensor bawah laut saat pengoperasian Remotely Operated Vehicle (ROV), dan posisi diam absolut saat pengambilan contoh dasar laut, pengukuran arus dan gelombang laut. Terakhir, GOMA ini memiliki alat marine gravimeter satu-satunya di Indonesia.

Referensi:
Riza Rahardiawan. 2016. Kapal Survei Geomarin Iii. https://mgi.esdm.go.id/content/kapal-survei-geomarin-iii

About National Oceanographic:
Yayasan National Oceanographic (NOC) adalah sebuah institusi pendidikan dan riset ilmiah nonprofit di Indonesia yang memiliki fokus riset pada bidang kajian kelautan meliputi bidang oseanografi dan konservasi hayati laut.  Misi kami adalah menginspirasi dan mencerahkan (inspire and illuminate) seputar kelautan Indonesia.