Follow us

Kapal Perang Buatan Indonesia Yang Diminati Negara ASEAN - AFRIKA



PT PAL Indonesia selaku perusahaan dalam negeri yang memiliki ijin produksi kapal perang di Indonesia menargetkan produksi tujuh kapal cepat rudal pada 2018. Selain menjadi alutsista TNI AL, produk PT PAL telah diekspor ke Asia Tenggara hingga Afrika.

Gambar 2. Kapal Perang Kawal Rudal 105 meter (Frigate)

    Kapal Perang Kawal Rudal 105 meter (Frigate) memiliki panjang 105 meter dengan lebar 14 meter. Kapal ini bisa melesat dengan kecepatan 28 knots. Saat beroperasi, PKR bisa membawa 120 kru kapal. Kapal perusak ini memiliki kemampuan perang antar permukaan. Dengan tembakan torpedo dan rudal, PKR bisa menenggelamkan kapal perang musuh.

Gambar 3. Kapal Cepat Rudal Klas 60 meter

       Kapal Perang KCR-60M  memiliki penambahan sistem senjata yang lebih terintegrasi dengan kemampuan stabilitas yang prima. Kapal ini memiliki panjang 60 meter, draft 2,5-2,6 meter (full load), dan bobot 500 ton. Kecepatan patrolinya mencapai 15 knot dengan daya jelajah 20-28 knot. Jarak jelajahnya mencapai 2.400 nautical mile dan tahan berlayar selama lima hari. Selain itu, kekuatan mesin 2 x 5.100 BHP.

Gambar 4. Kapal Landing Platform Dock 125 meter

Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Landing Platform Dock yg pembuatannya dilakukan PT PAL memiliki kapasitas angkut total sebesar 344 personel, tiga unit helikopter jenis Mi-2/Bel 412 di deck serta dua di hangar, dua unit LCVP, tiga unit howitzer dan  21 tank menggunakan luas LPD 125 meter persegi. Kapal Landing Platform Dock 125 meter kapal ke-4 ini dibuat secara spesifik buat mampu dipasang senjata 100 mm dan  dilengkapi dengan ruang CIC buat (Fire Control System) sistem kendali senjata yang memungkinkan kapal bisa melaksanakan self defence dengan komunikasi kapal ke kapal kombatan buat melindungi pendaratan pasukan serta kendaraan taktis dan  tempur buat pengendalian pendaratan helikopter.