Follow us

Interaksi Ekosistem Mangrove terhadap Biomassa Ikan Karang



Mangrove merupakan salah satu ekosistem tropis yang paling terancam, dengan resesi sebesar 35% di seluruh dunia. Juvenil dari ikan karang menggunakan ekosistem mangrove sebagai tempat untuk pertumbuhan dirinya sebelum bermigrasi ke ekosistem terumbu karang. Tingkat kesusksesan juvenil ikan karang dalam bertahan hidup akan berkaitan erat dengan kesehatan ekosistem mangrove yang mereka tempati. Apabila ekosistem mangrove yang mereka gunakan untuk masa pertumbuhan tidak sehat, maka tingkat kesuksesan juvenil ikan karang dalam bertahan hidup juga akan berkurang. Hal ini membuat ekosistem mangrove sangat penting bagi ikan karang tersebut.


            Biomassa dari ikan karang yang bertumbuh di ekosistem mangrove akan bertambah lebih dari dua kali lipat apabila ekosistem mangrove tersebut merupakan ekosistem yang sehat.  Berdasarkan penelitian Mumby et al. (2004), di Kepulauan Karibia, juvenil ikan karang yang tumbuh di ekosistem mangrove yang sehat memiliki peningkatan biomassa sebanyak 355,67% dibandingkan dengan juvenil ikan karang yang tumbuh di ekosistem mangrove yang kurang sehat. Hal ini menunjukkan keterkaitan yang kuat antar ekosistem pesisir.

            Degradasi ekosistem mangrove yang terjadi di dunia disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab utamanya ialah aktivitas antropogenik yang terjadi di pesisir. Peningkatan populasi manusia di dunia secara otomatis juga akan meningkatkan aktivitas antropogenik di pesisir. Penebangan ekosistem mangrove untuk pembukaan lahan merupakan faktor utama dalam penurunan luasan ekosistem mangrove. Penebangan ekosistem ini dilakukan untuk pembangunan, pertanian, perkebunan, dan juga pembuatan tambak. Apabila hal ini terus dilakukan tanpa adanya upaya pemulihan ekosistem yang berkelanjutan, maka luasan ekosistem mangrove akan terus berkurang.

            Menurut Ahmed (2021), degradasi mangrove saat ini lebih luas dibandingkan rehabilitasi. Hal ini menunjukkan bahwa harus adanya peningkatan upaya pemulihan ekosistem mangrove di Indonesia. Pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta harus bersinergi secara baik agar pemulihan ekosistem mangrove di Indonesia berjalan dengan baik.

Selamatkanlah mangrove sebelum terlambat !