Follow us

Fosil Kerang Laut Ditemukan di Sekitar Danau Love Papua, Bukti Proses Geologi Pengangkatan Daratan



Penelitian Balai Arkeologi Papua di Kawasan Danau Emfote atau sering disebut Danau Love berhasil menemukan fosil kerang laut di perbukitan sekitar danau.

Danau Emfote berasal dari kata “Emfote” yang artinya air di tempat yang tinggi. Danau Emfote terletak di sebelah selatan Danau Sentani, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura.


Temuan ini menguatkan teori bahwa, pada masa lalu, Danau Sentani adalah laut, kemudian terjadi proses geologi pengangkatan daratan, sehingga perairan Sentani yang sebelumnya terhubung dengan laut, kemudian terpisah oleh perbukitan hasil pengangkatan.

Dalam proses selanjutnya, air asin terbuang menuju laut melalui Sungai Jaifuri, air asin Danau Sentani tergantikan oleh air tawar dari 26 sungai yang bermuara di Danau Sentani, sungai ini bersumber mata air dari pegunungan Cyclops.

Fauna air asin Sentani, kemudian beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sebagai contoh adalah ikan hiu gergaji Sentani, yang sebenarnya merupakan ikan laut, kemudian beradaptasi menjadi ikan air tawar. Ikan hiu gergaji ini terakhir ditangkap nelayan pada 1970-an, setelah itu dianggap punah. Masyarakat yang ingin mempelajari tentang ikan hiu gergaji ini, dapat menjumpai ikan tersebut dalam bentuk karya seni Sentani yaitu dilukiskan pada kulit kayu atau tiang rumah tradisional.

Read more :
🌐 www.national-oceanographic.com
📷 Instagram: @national_ocean
▶ Youtube : National Oceanographic

#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim #worldenvironmentday2021 #worldenvironmentday #ecosystemrestoration #biodiversity #un #fpik #fitk #unpad #undip#ui #unhas #uht #unpati #ipb #worldwildlifeday #saveourocean #marineconservation #maritimewebinar #KKPGOID #KKPRebound #RBKKPHEBAT