Follow us

3 Program Terobosan Utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun 2021-2024



Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono, mengharapkan setiap kebijakan yang diambil oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) harus berdasarkan pada suatu kajian mendalam. Hal tersebut yang menjadi landasan dari berbagai kebijakan turunan dari tiga program terobosan utama KKP untuk 2021 hingga 2024.

Tiga program terobosan utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk 2021 hingga 2024 ialah :


Pertama, peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor perikanan tangkap. Hal ini pada akhirnya didorong sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat nelayan dan pesisir.


Kedua, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan melalui penguatan komunitas-komunitas unggulan berorientasi pada ekspor yang merupakan hasil dari riset.


Ketiga adalah mengembangkan kampung-kampung budidaya yang berbasis kearifan lokal.

BRSDM KKP pun sudah menyiapkan delapan buku berisi berbagai kajian mendalam untuk mendukung ketiga program terobosan tersebut. Salah satunya berjudul "Model Pengembangan Kampung Ikan dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan."

"Kami akhirnya bisa menyampaikan apa yang menjadi landasan pemikiran kita untuk mendukung program terobosan pak menteri. Saya harap, pada saatnya nanti masyarakat memiliki public awareness yang baik bahwa sektor kelautan dan perikanan ini tidak hanya menangkap kapal pencuri ikan, tapi ada hal lain yang dibangun," jelas Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, dalam konferensi pers pada Selasa (15/6/2021).